Beranda > Dunia Konstruksi > Seperti Inikah Proses SBU "Transisi" ?

Seperti Inikah Proses SBU "Transisi" ?

Paska terbitnya Perlem LPJK nomor 02, 03, 04 & 05 tahun 2011 apa yang mesti dipertanyakan? Jawabnya tentu bagaimana proses untuk penerbitan baik SBU, SKA & SKTK saat ini. Sebagaimana disebutkan dalam perlem tersebut, untuk SBU, SKA & SKTK yang diterbitkan setelah tanggal 30 September 2011 harus diregistrasi ulang, atau dengan bahasa kasarnya “dicetak ulang” dengan blangko baru cetakan LPJKN Balai Krida.

 

Lalu yang menjadi pertanyaan selanjutnya, bagaimana proses registrasi ulang tersebut? Dan untuk proses penerbitan SBU baru juga seperti apa?

 

Baiklah…

Mari kita lanjutkan, setelah saya minum teh nasgitel ini, sayang kalo didiamkan nanti menjadi tidak nas lagi….

 

Oke, menurut keterangan sumber yang saya dapatkan, bahwa proses penerbitan SBU, kita bicarakan ini terlebih dahulu toh sepertinya tidak beda dengan proses untuk SKA maupun SKTK, nantinya tidak melalui sistem yang sudah berjalan selama ini. Bocorannya dari sistem SIMJAKON berubah menjadi SIKI, tidak tahu apa kepanjangan dan artinya.

Kita tinggalkan dulu itu yang namanya SIKI, toh saat ini sepertinya juga belum bisa dioperasikan, maklum yang namanya membangun sebuah sistem ONLINE tidak semudah membalik telapak tangan. Loh? Jadinya seperti apa dung?

Jadi…untuk saat ini, semua proses baik dimulai dari proses input data, klarifikasi dan cetak dilakukan melalui website, yang mana kita ketahui bersama untuk alamat website LPJKN Balai Krida adalah di http://www.lpjk.net

Untuk proses input data, silakan kunjungi alamat http://www.lpjk.net/adminpanel seperti terlihat gambar berikut dengan memasukkan username dan passwordnya.

Terus apa aja isi di dalamnya? Saya sendiri juga tidak tahu, karena juga belum dapat username maupun passwordnya😀

 

Langsung saja kita lihat seperti apa proses cetak ulang SBU nya.

Di website ada menu DRBU (daftar registrasi badan usaha) seperti gambar berikut

Silakan anda cari NRBU atau nama badan usaha yang akan dicetak ulang, kemudian pilih bidangnya. Contohnya seperti terlihat dibawah ini

Akan muncul subbidang yang nantinya akan dicetak di blangko

Nah, dari proses tersebut nampak seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas, ada icon printer. Dari situlah proses untuk pencetakan dilakukan😀

Silakan masukkan username dan password untuk dapat mencetak SBU

Seperti apa hasil cetakan SBUnya? Silakan anda lakukan sendiri. Saya rasa tidak beda dengan yang ditunjukkan dalam lampiran Perlem 02 Tahun 2011.

 

Sepertinya itulah gambaran singkat proses SBU untuk masa transisi sampai akan diterapkannya aturan yang sudah harus mengacu Permen PU nomor 08 Tahun 2011 yang mengatur tentang  klasifikasi dan kualifikasi (lihat halaman download.

 

Semoga bermanfaat🙂

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: