Beranda > Uncategorized > Tips Mudik : 3 Langkah Persiapan yang Praktis

Tips Mudik : 3 Langkah Persiapan yang Praktis

Perjalanan mudik seharusnya menjadi sesuatu yang menyenangkan. Anda akan berlibur dan berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman. Mungkin juga anda akan bertemu kawan-kawan lama, sambil menikmati wisata kuliner.

Tapi tanpa persiapan yang baik, mudik bisa menjadi hal yang melelahkan baik fisik maupun mental. Pada hari perjalanan mudik biasanya kita membawa barang bawaan yang lumayan banyak. Mulai dari baju sampai oleh-oleh, apalagi buat yang punya anak kecil, tentunya harus membawa perlengkapan si-kecil yang terkadang lebih banyak daripada orang tuanya. Belum lagi saat perjalanan yang lebih ramai dari biasanya, membutuhkan kondisi fisik dan mental yang prima.

Untuk itu anda perlu membuat persiapan sederhanan, agar Anda dapat menikmati perjalanan mudik yang menyenangkan. Berikut langkah-langkah persiapan mudik yang praktis :

1# Buat Daftar Bawaan pada H-3 atau sebelumnya.

Kita perlu membuat daftar barang apa saja yang akan kita bawa, agar tidak ada yang terlupa. Daftar ini bisa kita buat sederhana menjadi 4 bagian :

1. Baju

Siapkan baju berdasarkan berapa hari kita mudik.

– Baju sehari-hari : 2 setel/hari

– Baju Muslim (untuk shalat Id & acara keluarga) : 2 setel

– Baju untuk jalan-jalan : 1 setel

2. Perlengkapan mandi

– Handuk

– Sikat Gigi + Odol

– Sabun

3. Elektronik

– Handphone + Charger

– Kamera untuk dokumentasi

4. Uang

Siapkan uang tunai secukupnya. Anda bisa mengelompokkan uang yang anda bawa menjadi 3 bagian.

– Uang untuk kebutuhan sehari-hari

Jumlahnya biasanya 2 x dari pengeluaran anda per hari. Kalau pengeluaran keluarga anda per hari sebesar Rp100 ribu, siapkan uang Rp100ribu x 2 x jumlah hari mudik.

– Uang Angpao

– Uang Perjalanan

Uang ini anda perlukan selama perjalanan pulang dan pergi. Jumlahnya tergantung pengeluaran yang akan anda keluarkan sesuai kendaraan apa yang akan anda pakai. Kalau anda menggunakan pesawat, tentunya anda harus menyiapkan uang untuk airporttax, uang taxi, dan uang makan. Kalau anda menggunakan kendaraan pribadi, bawalah uang bensin dan uang makan.

2# Lakukan Packing pada H-2

Packing sebaiknya anda lakukan 2 hari sebelum anda mudik. Karena anda perlu beristirahat 1 hari sebelumnya agar tidak kecapekan saat mudik di hari H. Siapkan barang bawaan anda berdasarkan daftar yang sudah anda buat sebelumnya. Cek sekali lagi apakah ada yang tertinggal untuk memastikan.

3# Beristirahat pada H-1

Satu hari sebelum keberangkatan anda, gunakan untuk beristirahat. Anda juga bisa makan multivitamin untuk menguatkan fisik. Selain itu, anda juga perlu tidur lebih cepat dari biasanya, agar esok hari anda segar. Untuk menjaga mood Anda, manjakan diri anda dengan hiburan seperti nonton film, dengar musik atau yang lainnya.

Demikian tips sederhana tapi praktis. Mungkin bisa berguna bagi anda.

Selamat mudik🙂

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: