Beranda > Dunia Konstruksi > Sosialisasi BPKSDM akan Dinamika Pengaturan Konstruksi di Indonesia

Sosialisasi BPKSDM akan Dinamika Pengaturan Konstruksi di Indonesia

Pengaturan dibidang Jasa Konstruksi secara nasional mengalami perkembangan sejalan dengan dinamika kondisi global serta kebijakan pembangunan nasional. Menyikapi akan hal tersebut kiranya semua pihak perlu mempersiapkan diri untuk terus memahami peraturan perundangan yang telah ditetapkan sehingga tidak terjadi kekeliruan terutama dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa serta pelaksanaan konstruksi termasuk pemeliharaannya.

“Karenanya BPKSDM Kementerian PU sebagai pengemban amanat UUJK melakukan pembinaan konstruksi dan menyampaikan berbagai informasi yang terkait di dalamnya”, demikian disampaikan Sekretaris BPKSDM pada acara Sosialisasi dan Diseminasi Kebijakan pembinaan konstruksi di Semarang Provinsi Jawa Tengah Kamis (25/03).

Salah satu hal yang penting terkait perkembangan jasa konstruksi Indonesia adalah PP No.4/2010 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah No.28 tahun 2000 tentang Usaha dan Peran Masyarakat Jasa Konstruksi. Perubahan ini merupakan jawaban atas tuntutan perkembangan usaha jasa konstruksi yang semakin cepat sehingga memerlukan pengaturan yang kompatibel, khususnya mengenai klasifikasi dan kualifikasi usaha jasa konstruksi dan dalam rangka meningkatkan daya saing konstruksi nasional.

Peraturan tersebut mengamanatkan bahwa untuk mendukung pelaksanaan tugas LPJKN/D dibentuk sekretariat. Ditingkat nasional sekretariat dilaksanakan secara fungsional oleh salah satu unit kerja di lingkungan Kementerian yang bertanggung jawab di bidang konstruksi, sedangkan di provinsi dilaksanakan oleh perangkat daerah yang membidangi konstruksi.

Selain itu untuk masa transisi telah diterbitkan Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum No.05/SE/M/2010 tanggal 25 Februari 2010, bahwa SBU/SKA/SKT yang telah diregistrasi oleh LPJK masih berlaku, dan tetap dapat digunakan sebagai salah satu pemenuhan persyaratan.

Tidak lupa BPKSDM selalu mengingatkan kepada tiap stakeholders untuk menerapkan manajemen K3, agar mencapai zero accident dalam pekerjaan konstruksi. Apalagi mengingat Pakta Komitmen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Konstruksi telah ditandatangani pada tanggal 12 Februari 2009 oleh Menteri PU beserta jajarannya dan Ketua Umum LPJKN berarti Kementerian PU dan para stakeholder sudah sepakat untuk melaksanakan K3.

Sekretaris BPKSDM juga mengingatkan bahwa penyelenggaraan konstruksi dapat memberikan kontribusi besar terhadap isu-isu lingkungan termasuk pemanasan global. Penyelenggaraan konstruksi dapat mempercepat terjadinya kerusakan lingkungan namun sebaliknya jika penyelenggaran konstruksi dilaksanakan dengan memperhatikan aspek-aspek lingkungan dapat menyelamatkan lingkungan dan mengurangi fatalitas akibat bencana.

Konstruksi berkelanjutan atau green/sustainable construction merupakan proses konstruksi yang menggunakan metode/konsep, bahan bangunan yang tepat, efisien, dan ramah lingkungan di bidang pembangunan konstruksi dalam rangka merespon pemanasan global.

Selain itu untuk mendorong peningkatan kualitas kompetensi dan pelatihan tenaga kerja konstruksi Indonesia saat ini, maka dipandang perlu untuk melaksanakan suatu Gerakan Nasional Pelatihan Konstruksi (GNPK) tahun 2010 sd 2014 guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja konstruksi Indonesia yang berkualitas, profesional dan kompeten. Penyelenggaraan GNPK ini juga diharapkan dapat membuka kesempatan kerja yang lebih luas bagi tenaga konstruksi tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan nasional, tetapi juga untuk dapat meraih kesempatan memasuki pasar global diantaranya ke Negara-negara Timur Tengah, Arfika Utara maupun Afrika Selatan dan lain sebagainya.

Direncanakan dalam waktu dekat Bapak Presiden Republik Indonesia berkenan mencanangkan Gerakan Nasional Pelatihan Konstruksi (GNPK) 2010 – 2014 ini di Istana Negara Jakarta. (tw/nn)

sumber : bpksdm

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: